UA-96374271-1

TAG-TAG DASAR HTML

March 26, 2017



TAG-TAG DASAR HTML
            Apa sih tag dasar itu? Tag dasar berarti elemen dasar gan. Secara umum dokumen HTML terdiri dari teks informasi. Judul disimpan dalam elemen head bagian elemen title, dengan tag <title>...</title>. Teks yang berisi informasi disimpan dalam elemen body, dengan tag <body> dan </body>. Teks disusun dalam paragraf – tag <p> dengan pasangannya </p>, heading mempunyai lv1 sampai lv6 , dengan tag <h1> sampai <h6> dnegan pasangannya juga </h1> sampai </6> gan tergantung agan pilih lv berapa.
1.1  PARGRAF
Setiap paragraf harus dimulai dengan memberi tag <p> dan diakhiri dengan tag </p>. Jika ingin membuat banyak paragraf maka harus dimulai dengan <p> dan diakhiri dengan </p> kembali gan.
Coba ketikkan  seperti di bawah ini di dalam notepad!
Jangan lupa ekstensinya “.html”, dan jika sudah benar maka hasilnya seperti di bawah ini gan!
=>menggunakan tag <p>
Hasil:
 
Tanpa menggunakan tag <p>
Hasil:
 
1.2  LINE BREAK (MEMAKSAKAN GANTI BARIS)
Menyajikan informasi ganti baris sendiri tetapi tidak berganti paragraf. Menggunakan tag <br>.
Contoh:
Hasil:
Agan paham kan sampai sini? :D
Kalo paham mari lanjut belajar HTMLnya. Hhhh
1.3  HEADING (JUDUL TOPIK)
Umumnya teks dalam dokumen HTML mempunyai judul topik, judul topik ini disebut “heading”. Heading menunjukan tingkat keberartian dari teks yang akan agan tulis. Ada 6 tingkat heading dalam suatu HTML, yaitu dari lv1 (paling besar) sampai lv6(paling kecil).menggunakan tag <h1>...</h1> sampai <h2>...</h2>.
Contoh:
Hasil:
Lanjut gan? :D

1.4  MENGATUR LETAK HEADING
Tag heading mempunyai atribut yang digunakan untuk mengatur letak heading dalam baris-align, alignment heading: kiri-left, kanan-right, tengah-center. Dengan rumus <hx align=”posisi”>...</hx>. Jika atribut align tidak digunakan, maka secara otomatis akan ditampilkan rata kiri. Langsung aja ke contoh biar agan cepet paham.
Contoh:
Hasil:

1.5  PENGGARIS MENDATAR
Dalam dokumen HTML dapat disisipkan sebuah garis, umumnya digunakan sebagai pemisah antarbagian atau paragraf. Tag yang digunakan adalah tag <hr>, disisipkan pada tempat garis akan disisipkan dalam dokumen yang akan agan buat.
Contoh:
Hasil:
 

Note: Menggunakan tag <p> untuk menyisipkan baris kosong merupakan kebiasaan buruk. Gunakan tag <br> sebagai gantinya, tapi jangan gunakan tag <br> untuk membuat list. Jangan lupa untuk memberikan </p> pada setiap akhir paragraf.
Gimana gan? Sudah paham tentang tag-tag dasar HTML? Semoga bermanfaat ya :)

You Might Also Like

1 comments

  1. sip gan sangat membantu :) cocok buat yg lagi belajar :)

    BW gan https://tecnologyhappy.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Popular Posts