UA-96374271-1

CARA BERTANAM BAYAM AGAR HASIL MAKSIMAL

March 30, 2017



CARA BERTANAM BAYAM YANG BENAR
            Bayam dapat tumbuh sepanjang tahun guys, baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Karena sebab itulah tanaman ini bisa di tanam di kebun maupun di pekarangan rumah. Bayam yang ditanam di pekarang biasaya dari jenis Amaranthus hybridus. Ada pula bayam yang ditanam di tegalan loh, misalnya bayam jenis sekul. Kamu harus tahu guys bahwa waktu menanam bayam yang paling baik adalah pada saat awal musim hujan atau pada awal musim kemarau.
            pH tanah yang baik untuk tempat menanam bayam adalah sekitar 6-7. Bila kurang dari 6 bayam akan merana, dan jika lebih dari 7 bayam akan mengalami klorosis, yaitu timbul warna putih kekuning-kuningan, terutama pada daun yang masih muda.
CARA TANAM
            Bayam dikembangbiakan dengan bijinya guys, untuk penanaman 1 ha diperlukan kira-kira 5-10 kg biji atau 0.5-1 g biji per m2. Bayam bisa langsung di tebar di lahan atau disemaikan terlebih dahulu.
            Lahan harus diolah terlebih dahulu sebelum ditanam guys. Jangan langsung tebar aja lo ya, fatal nanti akibatnya.. :D. Persiapan lahan dengan cara di cangkul sedalam 20-30 cm, kemudian diberi pupuk kandang sekitar 10 ton/ha or 1kg/m2. Tempat penanaman bisa dibuat seperti bedengan yang lebarnya sekitar 1m. Tiap bedengan dapat memuat lima baris tanaman bayam.
            Jarak antar baris penanaman sekitar 20 cm, dengan penebaran biji dilakukan secara merata dan tidak bertumpuk guys, ingat itu ya.. oh iya, agar penyebaran merata kamu bisa tambahin pasir atau abu dapur guys.
            Biji-biji bayam akan tumbuh sekitar 3-5 hari setelah ditebar guys. Tanaman bayam yang sudah berumur 2 minggu setiap pagi digerak-gerakan ke kanan-kiri dengan ujung sapu lidi dipegang mendatar, agar apa? Tentunya agar tanaman menjadi kuat, cepat tumbuh, dan terbebas serangga berbahaya. Sebaiknya lakukan tips ini guys kalo ingin mendapat hasil yang maksimal saat memanen bayam kamu. Untuk pupuk sebaiknya diberikan urea sebanyak 100kg/ha dan ditebarkan diantara dua baris tanaman.
            Untuk cara penyemaian, sebaiknya biji-biji disemai di temapat yang agak teduh guys. Setelah tingginya kira-kira 10cm dapat dipindah di bedengan. Untuk jarak antar tanaman sekitar 20cm x 40cm, dan untuk pemupukan sama dengan penanaman secara langsung.
PEMELIHARAAN TANAMAN BAYAM
            Tindakan pemeliharaan tanaman bayam berupa penggemburan tanah di sekitar tanaman sambil membuang para rumput dan para gulma. Dan pemberantasan para hama jangan pakai insektisida lo guys, cukup dilakukan dengan cara manual tangan aja.
PEMANENAN TANAMAN BAYAM
            Jika tanaman bayam sudah berumur sekitar 1 bulan, kamu bisa mulai melakukan penjarangan guys. Tanaman bayam yang besar dan rapat dicabut hingga jarak antar baris menjadi 40cm. Hasil penjarangan ini adalah bentuk panen pertama. Setelah diperjarang, tanaman bayam dapat dibiarkan tumbuh di kebun lebih lama, biasanya sih sampai musim tanam berikutnya.
            Tanaman bayam harus dipangkas sebelum muncul bunga pada ketiak daun agar banyak cabangnya. Selanjutnya pemangkasan dapat dilakukan pada setiap daun atau pada ujung-ujung cabang yang telah panjang saja guys. Dan hasil pemangkasan tersebut dapat kamu jual, walaupun saat ini penjualan bayam dalam bentuk daun atau pangkasan sudah tidak umum dijual. Yaa bayam umumnya dijual dalam bentuk cabutan, so terserah bagaimana kamu menyikapinya guys.
            Setelah tanaman bayam berumur 1-1.5 bulan, tingginya mencapai kira-kira 20-30cm. Pada saat ini lah tanaman bayam kamu dapat dipanen dengan cara tanaman dicabut beserta akarnya. Tanaman bayam yang terawat dengan baik dan sehat dapat menghasilkan 3 ton/ha.

            Bagaimana guys, apa kamu tertarik berbisnis bayam? :D
MANFAAT BAYAM
            Bayam dapat memperbaiki daya kerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Juga sangat baik untuk orang yang baru sembuh dari segala penyakit, terutama anak-anak dan bayi. Untuk bayi, bayam dapat dicampur dengan nasi tim. Adapun akar bayam merah dapat digunakan sebagai obat penyakit disentri.
            Bayam dapat pula dibuat sayur bening, pecel, gado-gado, dan lain sebagainya. Bayam sagat mudah dimasak lo, faktanya direbus sekitar5 menit dalam air mendidih sudah masak. Harus diperhatikan bahwa perebusan yang terlalu lama dapat menjadikannya hancur dan vitamin Cnya hilang. Bayam harus di konsumsi paling lama 12 jam setelah dimasak agar kandungan vitamin dan mineralnya tidak berkurang guys.
Sampai sini dulu ya pembahsan kita. Kalo ada yang mau ditanyakan silahkan komen di sini..
Makasih sudah berkujung guys, semoga bermanfaat..
jika ingin tahu jenis-jenis bayam klik aja link di bawah ini guya!
JENIS-JENIS BAYAM 

You Might Also Like

8 comments

Popular Posts