UA-96374271-1

JENIS-JENIS BAYAM (AMARANTHUS SP.)

March 29, 2017



JENIS-JENIS BAYAM (AMARANTHUS SP.)
            Pertama kamu harus tau dulu ciri tanaman bayam guys, cirinya adalah sebagai berikut:
1.    Berdaun tunggal
2.    Ujungnya meruncing
3.    Batangnya lunak dan lebar
4.    Berwarna hijau keputihan, putih kemerahan, atau hijau
5.    Buah tidak berdaging, tetapi bijihnya banyak, sangat kecil, bulat, dan mudah pecah
6.    Berakar tunggang dan berakar samping

Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang sangat digemari masyarakat indonesia, karena apa guys? Karena rasanya enak, lunak, dan dapat memperlancar pencernaan. Selain itu, bayam juga banyak mengandung vitamin A dan C, dan sedikit vitamin B. Bayam pun juga mengandung garam mineral, seperti kalsium, fosfor, dan besi.

JENIS BAYAM
Bayam ada yang dibudidayakan, ada juga yang tidak dibudidayakan guys, istilahnya sih kalo di kampungku “bayam liar”. Bayam liar sendiri juga mempunyai jenis, setahuku ada dua yaitu, bayam tanah (Amaranthus Blithum L.) dan bayam berduri (Amaranthus spinosus L.). Bayam tersebut enak dimakan kok guys, walaupun agak keras dan kasap. Warna batangnya kemerah-merahan. Sementara bayam biasa ditanam, umumnya berbijih hitam, diantaranya adalah bayam cabut dan bayam tahun. Berikut keterangannya guys, simak ya..
1.     Bayam cabut (Amaranthus tricolor L.)
Bayam sekul atau bayam cabut berwarna kemerah-merahan guys, disebut juga bayam merah dan ada yang hijau keputih-putihan yang disebut juga bayam putih. Bayam ini berbunga pada ketiak daun. Jenis bayam ini biasa dijual dengan akarnya dalam bentuk ikatan sebesar lingkaran dua jari. Kalo kamu ingin menanam bayam jenis ini, saya anjurkan yang jenis giti hijau dan giti merah guys. 


2.    Bayam tahun (Amaranthus hybridus L.)
Bayam tahun biasa juga disebut bayam sekop atau bayam kakap guys, bayam ini berdaun lebar. Bayam ini memiliki dua jenis guys, yaitu caudatus dan paniculatus.
Jenis caudatus berdaun agak panjang, berujung runcing, dan berwarna hijau atau merah tua. Sementara jenis paniculatus memiliki dasar daun yang lebar dan berwarna hijau, rangkaian bunganya panjang dan tersebar di ketiak daun atau cabang, tetapi lebih teratur daripada jenis caudatus.
Bayam daun ada yang berbijih putih guys, yang dikenal dengan nama bayam maksi (Amaranthus hypochondriacus). Biji bayam ini enak dimakan juga lo, biasanya dimakan sebagai bubur atau sebagai campuran roti. Sewaktu masih kecil, batang bayam maksi berwarna merah, setelah dewasa berwarna hijau kemerahan.
Jenis bayam lainnya adalah bayam belanda atau spinach. Spinach yang terkenal adalah marisca, samba, dan movera. Spinach hanya baik ditanam di dataran tinggi lo guys, dan juga jenis bayam ini sangat terkenal karena rasanya.

Wahh... ternyata banyak juga ya guys jenis bayam itu, cukup sampai disini dulu guys, semoga bermanfaat ya.. salam bayam bagi yang suka makan bayam :D
kalo ingin tau caranya bertanam, berikut linknya 
 DASAR-DASAR BERTANAM SAYUR
or kalo pengen tau caranya bertanam bayam agar hasil maksimal klik disini

You Might Also Like

8 comments

  1. ane suka nya bayam merah gan karena rasanya lebih gurih
    makasih gan info nya

    ReplyDelete
  2. wah ternyata jenis bayam itu banyak juga.

    ReplyDelete
  3. sip gan :) update terus ya gan ,,, sngat bermanfaat :) kunjungi juga gan http://tecnologyhappy.blogspot.com/ :)

    ReplyDelete

Popular Posts